Fathimah az-Zahra di Mata Rasulullah Saw

50344_199172_m

Fathimah sebagai anak dari manusia terbaik dan mulia yaitu Muhammad Saw membuat kita ingin tahu sebenarnya bagaimana sih Fathimah di mata Rasulullah?

Usamah ra berkata, bahwa Nabi Saw pernah ditanya,”Siapakah yang paling engkau sayangi ya Rasulullah?” Kemudian Nabi menjawab: “Fathimah.”

Buraidah ra berkata: Wanita yang paling disayangi Rasulullah adalah Fathimah dan laki-laki yang paling disayanginya adalah Ali bin Abi Thalib.” (HR. Tirmidzi)

Rasul sangat sayang dan menghargai Fathimah dengan sifatnya yang sabar, taat beragama, baik, menjaga kehormatan, qana’ah dan selau bersyukur bahkan ketika berumah tangga dengan Ali bin Abi Thalib. Beliau selalu menyambut hangat apabila Fathimah datang kepadanya. Sebagaimana yang dituturkan ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha ia berkata: “Pada suatu hari kami, para istri Rasulullah Saw berada di sisi beliau. Lalu datanglah Fathimah ra kepada beliau dengan berjalan kaki. Gaya berjalannya sangat mirip dengan Rasulullah Saw. Ketika Rasulullah Saw melihatnya, beliau memberikan ucapan selamat untuknya, beliau berkata:
“Selamat datang wahai putriku.” Kemudian beliau tempatkan ia di sebelah kanan atau kiri beliau.” (HR. Muslim)

Dalam hadits lain: Aisyah binti Thalhah ra menceritakan bahwa Ummul Mukminin Aisyah ra berkata: Tidak ada orang yang bicaranya mirip Rasulullah selain Fathimah. Jika Fathimah menemui Rasulullah, beliau menyambutnya dengan berdiri lalu menciumnya. Begitu juga yang dilakukan Fathimah kepada Rasulullah.” (HR. Abu Dawud)

Hudzaifah ra berkata, Rasulullah Saw bersabda:Satu malaikat turun dan menyampaikan berita gembira kepadaku bahwa Fathimah adalah pemimpin para wanita surga. (HR. Hakim) Rasulullah sangat khawatir Fathimah tergiur dengan perhiasan dunia yang sementara.

Tsaubah ra berkata: Aku bersama Rasulullah datang ke tempat Fathimah.Saat itu dia mengenakan kalung emas.Fathimah berkata: ini pemberian Abu Hasan (suaminya). Mendengar itu Rasulullah bersabda: Fathimah, maukah kamu jika orang-orang berkata, “Ini Fathimah putri Muhammad dan di tangannya ada rantai api.” Kemudian beliau meninggalkan tempat Fathimah. Maka Fathimah segera menjual kalung itu lalu dipergunakannya untuk memerdekakan budak. Melihat itu Rasulullah bersabda: Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan Fathimah dari neraka. (HR. Thayalisi, Ahmad dan Nasa’i)

Hal ini menunjukan bahwa Rasullah Saw sangat perhatian dengan Fathimah. Meskipun Rasul tahu bahwa anaknya akan menjadi pemimpin wanita di surga namun beliau tidak membiarkan anaknya memiliki kalung emas yang mana bisa memasukkan ia ke neraka. Dengan Fathimah menjual kalung itu menunjukkan bahwa ia sangat patuh dan hormat kepada ayahnya. Subhanallah!

Iklan

Penulis: Siti Muhaira

Ana Muslim, lahir di Kota Hujan pada bulan Muharram.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s