Belajar Menghafal Al-Qur’an di Pesantren Media

images (1)

Pelajaran tahfizh ini dimulai pada pukul 07.00 WIB. Kali ini giliran santri Pesantren Media angkatan satu dan dua yang belajar. Semua santri akhwat menghafal di  teras depan rumah Ustadz Rahmat sedangkan santri ikhwan menghafal di samping kanan rumah beliau. Setiap santri berbeda dalam hal menghafal ayat begitu juga dengan jumlah hafalan mereka. Ada yang sudah menghafal beberapa surat, 1 juz, 2 juz, 3 juz, 4 juz dan lain-lain. Bagi santri akhwat yang sedang haid atau menstruwasi mereka menghafal arti dari surat.

“Saya menghafal Al-Qur’an karena Al-Qur’an sendiri adalah kitab umat Islam dan kita wajib untuk menghafalnya. Al-Qur’an juga menjadi bekal kita.” Tutur Holifah Tussadiah (17), santri Pesantren Media angkatan dua saat diwawancara alasan ia menghafal Al-Qur’an.

“Menghafal Al-Qur’an itu tidak mudah apalagi bagi yang belum terbiasa seperti saya.” Tambahnya.

Santri yang sudah menghafal kemudian menyetorkan hafalannya kepada Ustadz Rahmatullah. Dalam hal ini, santri menyetor hafalan dengan bergiliran. Setiap satu kali yang setor, Ustadz Rahmatullah menjaga dua orang santri. Kemudian digilir dengan santri lain yang siap untuk menyetor hafalannya.

Pukul 07.50 WIB semua santri berkumpul untuk muroja’ah atau mengulang hafalan bersama-sama. Ustadz Rahmatullah yang memilih surat mana yang akan dimuroja’ah. Usai muroja’ah santri yang sebelumnya sudah menyetorkan hafalan dibolehkan untuk istirahat.

Logo-Pesantren-Media-TERPILIH

Tahfizh merupakan pelajaran yang wajib diikuti oleh santri Pesantren Media Bogor. Dalam seminggu, pelajaran tahfizh ada tiga kali yaitu hari Selasa, Kamis dan  Minggu. Untuk hari Selasa dan Kamis dimulai pukul 07.00WIB-08.30 WIB. Sedangkan hari Minggu sekitar pukul 05.00-06.30WIB.

Iklan

Penulis: Siti Muhaira

Ana Muslim, lahir di Kota Hujan pada bulan Muharram.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s