Fatih dan Ayah

mnhj

 

Semalam, adikku Fatih nggak bisa tidur. Biasanya, tiap malem Ayah bercerita untuknya. Nah, semalem itu Ayah cerita tentang  berita besar. Fatih yang tadinya menangis jadi diam dan penasaran. Kata Ayah,  berita besar itu tentang  malaikat-malaikat pencabut nyawa yang bermuka masam. Mendengar itu, Fatih ketakutan sampe  menggulung selimut. Sedangkan Ayah begitu semangat. Saking semangatnya, mainan Fatih yang ada di sebelah Ayah kelempar sampe  terbelah.

 

Malaikat-malaikat itu juga nggak suka sama orang-orang yang curang. Kayak teman Ayah dulu yang curang dan ngelempar pensil Ayah sampe  terbelah. Saat itu Ayah sedih banget dan pergi ke taman pada malam hari. Di sana, Ayah duduk di ayunan sambil ngelihat gugusan bintang yang indah. Bintang-bintang itu cuma datang di malam hari  dan berada di atas langit yang paling tinggi. Fatih seneng banget ngendenger itu.

 

Tapi  tiba-tiba Fatih minta Ayah cerita tentang hari pembalasan.  Ayah nolak permintaan Fatih karena udah malam. Ayah bilang, ceritanya besok saat terbit fajar aja. Eh, Fatih malah nangis lagi. Kali ini dia nangis sambil teriak. Sedangkan Ayah bingung. Terpaksa, akhirnya Ayah mau cerita. Tapi bukan cerita tentang hari pembalasan, melainkan cerita tentang  negeri Arab.  Akhirnya, Fatih berhenti  nangis.

 

Ayah bilang, kalau di negeri Arab itu sangat panas karena sengatan  matahari.  Kalau  malam hari  ada orang yang pergi ke mesjid untuk membaca Al Qur’an.  Di  waktu Duha,  banyak juga yang sholat Duha di mesjid.  Walaupun jaraknya jauh, tapi Allah Swt. telah melapangkan mereka. Jadi, mereka enggak ngerasa capek. Oh iya, kata Ayah  di Arab juga ada buah Tiin.  Wah, Fatih tiba-tiba ngiler. Ayah ketawa ngeliat Fatih. Tapi tiba-tiba Ayah kaget ngeliat kayak ada segumpal darah di tangan Fatih. Fatih bilang sih, itu bukan darah tapi cat berwarna merah bekas tadi ia ngelukis. Huuft.. Ayah  lega dan ngelanjutin cerita lagi.

 

Kata Ayah, di Arab hampir semua orang nunggu datangnya malam Lailatul Qadr alias malam kemuliaan. Malam yang lebih baik dari seribu bulan. Ini adalah bukti dari firman Allah Swt. di dalam Al Qur’an surat Al Bayyinah. Mereka nunggu malam itu sebelum nanti datang keguncangan. Karena nanti udah enggak ada lagi.

 

Fatih ngebayangin saat terjadi keguncangan, dia lari naik  kuda perang yang larinya kencang. Tapi buru-buru ia ingat perkataan Ibu. Ibu bilang, di hari kiamat di saat terjadi keguncangan, enggak ada seorang pun yang bisa lari. Termasuk orang yang suka bermegah-megahan. Di  masa selama hidup di dunia, mereka berfoya-foya.

 

Enggak cuma  mereka aja, orang  pengumpat  yang suka ngumpulin harta juga kayak gitu. Malah, saking banyaknya harta mereka, Ibu sampe ngibaratin kayak segerombolan gajah milik orang Quraisy. Bagi mereka, segerombolan gajah itu dijadiin sebagai  barang yang berguna  dalam perang melawan musuh. Tapi walaupun hartanya banyak, mereka enggak  mensyukuri nikmat Allah yang banyak itu. Nah, mereka adalah orang-orang kafir  yang tidak meminta  pertolongan  kepada Allah Swt.  Mereka juga pasti masuk neraka. Neraka yang sangat panas. Panasnya berasal dari gejolak api. Wiih serem!  Tapi Itu pantes buat mereka. Itu balasan karena tidak menyakini  ke-Esaan Allah Swt. Makanya kita harus 100% beriman kepada Allah Swt, ya?

 

Hmm… kelamaan ngendenger cerita Ayah, Fatih ngantuk. Ayah juga gitu. Di waktu Shubuh besok, mereka harus pergi ke mesjid. Di saat itu, semua  manusia  yang beragama Islam melaksanakan ibadah sholat Shubuh.

 

 

Bogor, 27 Mei 2013

 

By : Siti Muhaira

 

  • Membuat  Cerita dari arti nama surat dalam Al-Qur’an  Juz ke- 30

 

Iklan

Penulis: Siti Muhaira

Ana Muslim, lahir di Kota Hujan pada bulan Muharram.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s