Jenis-jenis Feature

images (1)

Feature itu..

  •  Fakta bukan fiksi.
  •  Jenis-jenis feature :

1. Feature profil/tokoh

Kisah seorang tokoh, sekelompok orang atau lembaga => sepak terjang, motivasi, pandangan, wawasan serta kerangka berfikirnya. Biasanya terkait dengan suatu peristiwa yang dilakukan/melibatkan sang tokoh.

2.Feature sejarah : mengungkap apa yang pernah terjadi di masa silam. Ditulis dengan cantolan berita masa kini => kebaruan.

3.Feature perjalanan/petualangan : kejadian unik dan menarik yang dalam seseorang , sekelompok orang atau lembaga, baik dalam perjalanan, ekpedisi, percobaan, kecelakaan, dan sebagainya.

4. Feature terkait peristiwa musiman : mengisahkan aspek dari suatu peristiwa rutin, musiman (lebaran, natal, tujuhbelasan, dll.)

5. Feature penjelasan/latar belakang  : menjelaskan latar belakang suatu peristiwa yang baru terjadi dan sudah diberitakan.Contohnya : pengunduran Andi Malarangeng, Bupati Garut . Biasanya ada di majalah.

6. Feature kiat : memaparkan kepada pembaca bagaimana sesuatu itu dilakukan atau dibuat. Misalnya : cara membuat layangan, cara downloada ringtone, resep makanan, merawat mesin motor. Isinya tips-tips.

7. Feature Kemanusiaan : mengisahkan kejadian yang menyentuh perasan tentang orang, kejadian, dll. Yang membuat pembaca merenung dan mendapat hikmah/pembelajaran  atau inspirasi. Misalnya : relawan yang dikirim ke Palestina, perjuangan mbah Daus, para penggali emas di pongkor.

8. Feature tentang mode/tren : mengungkapkan kisah gaya hidup atau kebiasaan manusia yang berubah . Misalnya : tren  bersepeda ke sekolah, tren punya ponsel lebih dari satu, tren pacaran yang meresahkan, kontes hijabers, dll.

Penulis: Siti Muhaira

Ana Muslim, lahir di Kota Hujan pada bulan Muharram.

Tinggalkan komentar