#Meteor dan asteroid

By : Siti Muhaira

meteor-jatuh-di-rusia

Meteor di langit Rusia

Pada hari Jum’at, 15 Februari 2013 sebuah meteor meledak di atas langit Kota Chelyabinsk, di wilayah Ural, bagian tengah Rusia sekitar pukul 09.20 waktu setempat. Akademi Sains Rusia menyatakan bahwa meteor itu melesat dengan kecepatan supersonik hingga 54.000 km/jam. Meteor itu meledak saat berada di ketinggian 30-50 km di atas permukaan tanah. Dan diperkirakan beratnya adalah 10 -11 ton. Ohya, meteor itu menimbulkan hujan bola api, loh! Di sebuah kawasan luas dan gelombang yang sampai memecahkan kaca-kaca jendela, serta merusak sejumlah bangunan dan melukai lebih dari 1000 orang. Masya Allah!

Di Wikipedia, meteor itu adalah penampakan jalur jatuhnya meteroid ke atmosfer bumi yang lazimnya dikenal dengan nama bintang jatuh. Nah, tentunya kita sudah tidak asing lagi mendengar kata ini. Dan apakah kalian tahu, penampakan itu disebabkan oleh panas yang dihasilkan oleh tekanan ram pada saat meteor memasuki atmosfer. Ohya, ada tambahan informasi nih! Kawasan Chelyabinsk itu ternyata telah lama dikenal sebagai tempat industri pertahanan dan militer Rusia. Juga sering menjadi lokasi di mana bom-bom artileri dinonaktifkan.

Di bawah ini adalah foto-foto meteor yang meledak di langit RusiaVideo-Meteor-Jatuh-di-Rusia-dan-Meledak   2ddf211f-4244-b277-e5a1-eb62324a4921

Asteroid melintasi Pulau Sumatera

Kali ini giliran asteroid yang kita bicarakan. Sebelumnya, Website Badan Antariksa AS pada tanggal 8 februari 2013 menuliskan bahwa ada asteroid seluas 45 m akan melintas di atas wilayah Indonesia, diantara hari Jum’at atau Sabtu waktu Indonesia. Ternyata selain meteor jatuh dan meledak di Rusia, ada asteroid yang melintas di Pulau Sumatera, Indonesia.

Indonesia memang memiliki keberuntungan, loh! karena memiliki geografis berbentuk kepulauan serta terletak di khatulistiwa. Oleh karena itu, asteroid itu bisa dilihat. Sebab lain yang mengakibatkan asteroid bisa dilihat di Indonesia adalah karena titik terdekat asteroid dengan bumi adalah pada koordinat 4 LS dan 93,4 BT. Namun, untuk melihatnya tidak bisa dengan mata telanjang harus menggunakan alat bantu seperti binokuler atau teleskop. Sedikit tambahan, NASA mengatakan asteroid ini bisa dilihat di wilayah Asia, Australia dan Eropa Timur.

Nah, asteroid juga disebut sebagai planet minor atau planetoid, yaitu benda berukuran lebih kecil daripada planet. Tetapi lebih besar daripada meteorid. Dan umumnya terdapat di bagian dalam tata surya (lebih dalam dari orbit planet Neptunus).  Ohya, asteroid berbeda loh dengan komet jika dilihat dari penampakan visualnya. Jika komet menampakkan koma (“ekor”) sementara asteroid tidak.

Ini adalah foto-fotonya.

asteroid-2012-da14-zoomed     astroid 2012

Pandangan Islam mengenai meteor dan asteroid yang terjadi itu

Jatuhnya meteor dan asteroid yang melintas di Pulau Sumatera adalah tak lain merupakan qada yang telah Allah tetapkan. Qada adalah ketetapan Allah SWT. Semua yang terjadi di alam semesta ini adalah kehendak-Nya. Allah SWT yang menggerakkan matahari, planet, bulan, bintang, termasuk yang menghendaki meteor hingga jatuh ke bumi. Dan yang menggantikan siang dan malam. Allah-lah yang menciptakan alam semesta ini. Untuk itu kita sebagai seorang muslim, menganggap jatuhnya meteor ini adalah ketetapan Allah. Karena kita tahu bahwa hal itu sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Seperti firman-Nya di dalam Al-Qur’an surat Al-Hajj ayat 65 :

Artinya : Apakah kamu tiada melihat bahwasanya Allah menundukkan bagimu apa yang ada di bumi dan bahtera yang berlayar di lautan dengan perintah-Nya. Dan Dia menahan (benda-benda) langit jatuh ke bumi, melainkan dengan izin-Nya? Sesungguhnya Allah benar-benar  Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada Manusia.

Di dalam ayat itu jelaslah bahwa Allah SWT yang menghendaki, menetapkan, dan megizinkan apa yang ada di bumi termasuk menahan dan menjatuhkan benda-benda langit itu. Nah, jelas bukan?

Iklan

Penulis: Siti Muhaira

Ana Muslim, lahir di Kota Hujan pada bulan Muharram.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s