Trip to Turkey

bendera turki
bendera turki

 

               Assalamu’alaikum sahabat, kali ini aku akan memberitahu sedikit informasi tentang negara Turki. Kalian tahu negara Turki, kan? nah, bagi kamu yang penasaran, ayo baca tulisanku ini! selamat membaca!

Wilayah Turki terbentang dari Semenanjung Antolia di Asia Barat dan daerah Balkan di Eropa Tenggara. Oh iya, Laut Marmara yang merupakan bagian dari Turki digunakan untuk menandai batas wilayah Eropa dan Asia, sehingga Turki dikenal sebagai Negara transcontinental. Ibu kota negara Turki adalah Ankara sedangkan kota terbesar   yang ada di Turki adalah Istanbul.

Masyarakat Turki merupakan salah satu dari masyarakat Timur Tengah yang memiliki corak budaya yang berbeda dengan masyarakat Timur  Tengah lainnya. Meskipun sebagian besar penduduknya muslim namun memiliki bahasa dan budaya yang berbeda dengan masyarakat Arab yang membawa ajaran Islam ke wilayahnya. Salah satu keunikan masyarakat Turki adalah memiliki budaya kombinasi atau perpaduan budaya Eropa, Asia, dan Arab.

Secara historis, bangsa Turki mewarisi peradaban Romawi di Anatolia, peradaban Islam, Arab dan Persia sebagai warisan dari Imperium Usmani dan pengaruh negara-negara Barat Modern. Hingga saat ini bangunan-bangunan bersejarah masa Bizantium masih banyak ditemukan di Istanbul dan kota-kota lainnya di Turki. Yang paling terkenal adalah Aya Soviaa, suatu gereja di masa Bizantium yang berubah fungsinya menjadi mesjid pada masa Khalifah Usmani dan sejak pemerintahan Mustafa Kemal hingga kini dijadikan musium.

Kebudayaan

Setiap Negara pasti mempunyai kebudayaan yang berbeda-beda. Nah, sekarang kita akan membicarakan mengenai kebudayaan di Turki. Turki merupakan sebuah negara yang kaya akan budaya. Budaya Turki merupakan campuran dari budaya Timur dan Barat. Budayanya unik dan sering dikenal sebagai jembatan antara dua buah peradaban. Peradaban Islam dengan pengaruh Arab dan Persia menjadi warisan yang mendalam bagi masyarakat Turki sebagai peninggalan Dinasti Usmani. Islam di masa kekhalifahan diterapkan sebagai agama yang mengatur hubungan antara manusia sebagai makhluk dengan Allah SWT sebagai Khalik, Sang Pencipta; dan juga suatu sistem sosial yang melandasi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Islam yang muncul di Jazirah Arab dan telah berkembang lama di wilayah Persia, berkembang di wilayah kekuasaan Kekhalifahan Turki dengan membawa peradaban dua bangsa tersebut. Pada akhirnya, campuran peradaban Turki, Islam dan Barat inilah yang telah mewarnai identitas masyarakat Turki.

Di Turki ada sebuah tarian yang dinamakan tari Sema. Orang Turki biasa menyebut penari itu dengan nama darwis. Tarian ini adalah ciptaan Maulana Jalaluddin Rumi atau biasa dikenal dengan nama Rumi. Beliau adalah seorang filosof Islam yang hidup di Turki.  Dalam ajarannya, beliau menekankan pada toleransi, berpikir positif, ketuhanan, kemanusiaan, dan kepedulian tak terbatas atas nama cinta. Tari Sema itu menggabungkan unsur seni dan religi. Tari yang didominasi gerakan berputar dengan menengadahkan tangan ke atas ini mempunyai makna, yaitu manusia dan bagian- bagiannya merupakan kesatuan perputaran sebagaimana berputarnya struktur penyusun tubuh, aliran darah, perputaran asal manusia dari lahir sampai mati, dan berputarnya manusia menyertai perputaran bumi.

tari sema
tari sema

Selain tari Sema Turki juga memiliki musik tradisional, kaligrafi, dan sastra. Kaligrafi berupa lukisan-lukisan dan sastra berupa kumpulan teks tertulis dan lisan yang disusun dalam bahasa Turki. Ada dua aliran utama dalam sastra Utsmani yaitu puisi dan prosa. Orhan Pamuk adalah salah satu novelis Turki kontemporer terkemuka dan pemenang nobel sastra tahun 2006. Bagi masyarakat Turki selain sebagai hiburan, seni-seni ini dapat difungsikan sebagai penenang pikiran dan peregang stress.

Turki memiliki bahas yang terbagi atas beberapa dialek. Misalnya dialek Danubia yang dituturkan di wilayah Balkan, Gazianttep, Sanliurfa, Edirne, Razgrad, Dinler, Rumelia, Karamanli dan Eskisehir. Di masa kekhalifahan Turki Utsmani, bahasa Turki ditulis dengan sejenis huruf Arab. Namun, sejak tahun 1928 ditulis dalam huruf latin yang dimodifikasi. Di masa itu pula bahasa Turki kaya dengan kosa kata bahasa Arab yang jumlahnya 80%. Sedangkan kini tinggal 30% saja.

Tempat Wisata dan Kuliner

masjid biru
masjid biru

Turki adalah sebuah  negara yang terletak di perbatasan Benua Asia dan Benua Eropa. Negara dengan Ibukota Ankara ini memiliki panorama yang sangat indah. Tempat-tempat bersejarah di Turki menarik untuk dikunjungi dan dipelajari. Terdapat pula tempat-tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan misalnya Istanbul. Istanbul adalah kota yang paling diminati para wisatawan. Di kota ini juga terdapat sebuah mesjid yang dikenal dengan sebutan Masjid Biru. Masjid ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu keindahan arsitektur serta desain interiornya yang unik. Contoh lain misalnya Pamukkale. Pamukkale adalah sebuah daerah yang terendam air panas dengan kalsium karbonat yang menciptakan keunikan berupa batu kapur dan travertine. Daerah ini merupakan warisan dunia. UNESCO telah mencatat daerah ini sebagai atraksi wisata. Sedangkan tempat wisata yang lain adalah Antolia, Ankara, dan Cappadocia.

dikmen-valley-ankara-turkey
dikmen-valley-ankara-turkey
pamukkale
pamukkale

Selain tempat wisata, Turki memiliki aneka kuliner yang sangat menggoda. Salah satunya adalah Kebab. Kebab adalah makanan khas Turki dengan komposisi daging panggang yang lezat, sayuran segar dan saus mayonnaise istimewa yang diracik secara khusus dalam gulungan tortilla. Selain kebab ada juga Es Krim khas Turki. Es ini terbuat dari susu kambing dengan adonan sejenis sahlep yang terbuat dari anggrek, sehingga sukar untuk meleleh. Penjual es krim Turki biasanya sering iseng kepada pembelinya yaitu dengan main adu cekatan. Jadi dia berpura-pura memberikan es krim kepada anda, lalu mendadak dia tarik kembali sambil berpura-pura menambahkan sedikit es krim. Atau saat conthong penuh es diberikan kepada anda. Sebenarnya conthongya ada dua, anda hanya diberi yang kosong. Karena itu para pembeli biasanya tergelak. Kuliner lainnya adalah Baklava. Baklava adalah sejenis makanan ringan di kawasan Turki dan daerah  tempat mantan kekuasaan Kerajaan Ottoman. Makanan ini terdiri dari kacang walnut atau pistache yang dicincang dan diberi pemanis (gula atau madu) dan dibungkus adonan roti tipis.

baklava
baklava
ice cream turki
ice cream turki
kebab turki
kebab turki

Nah, sahabat itulah sedikit informasi tentang Negara Turki. Walaupun tidak detail banget, tapi ana harap informasi tadi bisa menambah pengetahuan untuk kalian. Apakah kalian tertarik untuk berlibur ke sana? mmm,, ana juga mau pergi ke sana! mudah-mudahan kita diberi kemudahan oleh Allah, ya! bagi kalian yang bersedih karena tidak bisa  pergi ke sana sekarang, ingatlah bahwa Allah itu maha pemurah, pengasih dan penyayang. Jadi, jangan sedih, ya! (hehe) ingatlah sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan. (Al Qur’an surat  Al-insyirah ayat 5). sampai ketemu di tulisan ana berikutnya!

Wassalamu’alaikum ..^^

Iklan

Penulis: Siti Muhaira

Ana Muslim, lahir di Kota Hujan pada bulan Muharram.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s